Wednesday, January 16, 2019

TRAINING CUSTOMER HANDLING

Dipenghujung tahun 2018 lalu saya sempat mengisi Training Customer Handling untuk karyawan dan pimpinan di Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Manado. Sebanyak 20 peserta dari lingkungan Balai Besar POM mengikuti kegiatan selama 3 hari full, mulai dari pukul 09.00 WITA sampai dengan pukul 17.00 WITA. Lebih menarik lagi ternyata peserta yang hadir bukan hanya dari lingkungan Balai Besar POM di Manado, namun juga diikuti oleh perwakilan stakeholer terkait yaitu dari Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Manado.

Pada hari pertama training customer handling ini, pimpinan yang mewakili Kepala Balai Besar POM dalam pembukaan pelatihan ini menyampaikan pentingnya pelatihan terkait sebagai upaya terus memperbaiki pelayanan dan kinerja Balai Besar POM kepada Masyarakat dan para pemangku kepentingan.


Training Customer Handling oleh Balai Besar POM di Manado

TRAINING CUSTOMER HANDLING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA

Sejak digulirkannya Reformasi Birokrasi oleh Presiden Republik Indonesia, lingkungan Aparatur pemerintahan terus-menerus melakukan upaya peningkatan pelayanan dan proses-proses kerjanya. Upaya peningkatan yang dilakukan juga diarahkan pada cara komunikasi dan publikasi serta sosialisasi yang sangat berperan penting dalam rangka mendukung fungsi dan tugas strategis yang diemban oleh Balai Besar POM di Manado sebagai perwakilan Badan POM pusat.

Berdasarkan pemetaan kebutuhan dan informasi dari bagian terkait pelayanan di Balai Besar POM di Manado, saya berbagi pengetahuan terkait Penanganan Pelanggan, namun tidak terbatas hanya pada penanganan complain/keluhan pelanggan yang dimungkinkan terjadi. Materi komprehensif dengan menerapkan penganjaran berbasis quantum teaching, menjadikan kelas sangat aktif dan dinamis karena keterlibatan dan antusiasme seluruh peserta dalam pelatihan ini.


Keterlibatan dan Antusiasme peserta dalam Training Customer Handling


Dalam kelas training customer handling, materi paparanya dibagi kedalam 3 kelompok besar pembahasan yaitu :
1. Communication Skill


2. Presentation & Delivery Skill
3. Handling the objection


Materi-materi besar ini kemudian dipecah menjadi beberapa materi yang bersifat 70 % praktek dan simulasi, serta 30 % Teori, dimana praktek-praktek yang dilaksanakan merupakan sharing pengalaman selama saya menangani berbagai client bisnis konsultasi & Training. Selain berisi materi praktek dan simulasi serta teori, para peserta juga diajak aktif dalam melakukan dan mendesain games-games yang bersifat sederhana dan efektif dalam mendukung pemahaman mendalam para peserta.





Materi Training Customer Handling dengan pembagian 70 % Praktek dan 30% Teori

Alasan pelaksanaan pelatihan ini 70 % lebih banyak dari sisi praktek dan simulasi adalah karena selain untuk mengoptimalkan potensi seluruh peserta juga untuk mematik pengetahuan kreatif peserta sehingga setelah kelas pelatihan berlangsung para peserta bukan hanya pandai dalam berteori namun juga memiliki kemampuan teknis dan mental dalam melakukan pelayanan kepada para pelanggan.

Setelah pelaksanaan training customer handling yang dilaksanakan selama 3 hari dengan waktu full 8 jam efektif, para peserta sangat merasakan manfaat dari kegiatan yang telah dilangsungkan khususnya dalam praktek-praktek yang dilaksanakan langsung oleh para peserta. 

Manfaat Training Customer handling sangat dirasakan oleh para peserta

Diakhir acara pelatihan para peserta dan pimpinan yang mewakili kepala Balai Besar POM di Manado, menyampaikan terimakasih terhadap materi yang telah dikemas sedemikian rupa sehingga dalam penyampaian dan penyerapan materinya berjalan dengan sangat baik dan sangat applicable untuk bisa diterapkan dan dilaksanakan di masing-masing unit kerja di Balai Besar POM di Manado.

Ingin merasakan pengalaman dan perasaan yang berbeda dalam Training Customer Handling yang bersifat komprehensif baik secara teknis, mental dan strategi ?

Segera hubungi narahubung kami...dan bersiaplan mengalami penambahan pengetahuan dan pemahaman mental yang berbeda dari kelas-kelas training sejenis



Pelatihan Customer Handling

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home