Sunday, July 02, 2006

Mengenal ISO


MENGAPA KITA MEMERLUKAN STANDAR
Adanya perbedaan dalam standar untuk hal-hal yang sama dalam negara atau tempat yang berbeda dapat mengakibatkan rintangan dalam menjalin hubungan di masing-masing pihak. Bayangkan saja apabila dalam setiap negara memiliki perbedaan dalam hal standar, tentunya produk-produk dari negara lain tidak akan dapat memasuki negara tersebut.
Untuk menghindarkan terjadinya hal tersebut perlu dibentuk suatu standar sebagai perwujudan kesepakatan yang diakui oleh semua pihak. Standar Internasional adalah salah satu cara yang terbaik, termudah dan teraman pada kondisi global saat ini.

APAKAH ISO ITU?
ISO atau The International Organization For Standardization adalah suatu badan standardisasi dunia untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. ISO adalah suatu wadah koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional dan promosi standar internasional.
ISO saat ini beranggotakan 156 negara, dimana organisasi ini merupakan organisasi non pemerintah yang memiliki markas di Jenewa, Swiss. Anggota ISO berasal dari beberapa lembaga standar nasional yang berasal antara lain dari Masyarakat Ekonomi Eropa dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Singapura dan lain-lain.

BAGAIMANA ISO TERBENTUK
Standar internasional dimunculkan pertama kali dalam bidang tehnik elektronika pada tahun 1906 oleh Komisi Tehnik Elektronika Internasional (IEC).
Selanjutnya standar internasional pertama kali digunakan dalam bidang selain tehnik elektronika pada tahun 1926 oleh Federasi Internasional yang bernama Asosiasi Standar Nasional (ISA). Bidang yang dititik beratkan oleh standart ISA ini adalah untuk bidang tehnik mesin. Kegiatan ISA ini berakhir pada tahun 1942.
Pada thun 1946 delegasi dari 25 negara bertemu di London dan memutuskan untuk membentuk suatu organisasi internasional dengan tujuan untuk memfasilitasi dan mengkoordinasi standar industri pada tingkat internasional.
Mulai tanggal 23 Februari 1947 International Organization Of Standardization memulai kegiatannya sampai dengan saat ini.

MANFAAT ISO BAGI MASYARAKAT

Manfaat bagi kepentingan bisnis
Adopsi dan penggunaan standar internasional dimaksudkan untuk memberikan dasar kepada para pemasok untuk memiliki pondasi pengembangan dalam pelayanan dan produk yang berkaitan dengan bidangnya.
Dalam hal ini berarti bahwa kerjasama bisnis dengan menggunakan standar internasional dapat menumbuhkan kompetisi yang sehat dalam persaingan bisnis.

Manfaat bagi pelanggan
Kesesuaian tehnologi yang harus dipenuhi oleh produk dan jasa berdasarkan pada standar internasional membuat para pemasok lebih berhati-hati dalam menyampaikan suatu penawaran karena akan berkaitan dengan efek kompetisi antar pemasok.

Manfaat bagi pemerintah
Standar internasional memberikan suatu dasar dalam pengembangan peraturan yang terkait dengan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan.

Manfaat bagi konsumen
Kesesuaian produk dan jasa terhadap standar internasional memberikan jaminan mengenai kualitas, aspek keselamatan dan ketahanan produk

Salam

Sistem Manajemen Mulia (SMM) 


@Ardian_Wahyudi1 
PIN 5BEB06E1

0 Comments:

Post a Comment

<< Home