Monday, February 11, 2013

Implementasi Sistem Manajemen Pada Lembaga Pemerintahan


Bidang pemerintahan adalah bidang vital dalam suatu Negara, dimana bidang ini tidak bergantung apakah negara itu adalah sebuah Negara maju atau berkembang. Konsistensi dalam pengelolaan lembaga-lembaga pemerintahan ini seringkali menjadi kunci utama bergulirnya pemerintahan yang baik dan terpercaya.

ISO sebagai suatu lembaga internasional turut berupaya menciptakan konsistensi lembaga-lembaga pemerintahan dari negara –negara yang menjadi anggotanya. Komitmen ISO tersebut kemudian dituangkan dalam sebuah panduan penerapan sistem manajemen mutu khusus bagi lembaga-lembaga pemerintahan. Panduan ini disebut IWA 4 : 2009 yang lebih dikenal dengan Quality Management System – Guidelines for application of ISO 9001 : 2008 in local government. 

Tujuan secara umum disusunnya panduan ini adalah untuk membantu mengintegrasikan serta menumbuhkan saling kepercayaan antara warga negara dengan lembaga-lembaga pemerintahan sebagai alat negara.

Panduan ini bukanlah panduan untuk mengajukan proses sertifikasi suatu lembaga pemerintahan, melainkan merupakan suatu panduan organisasi untuk mempersiapkan suatu lembaga untuk melakukan penerapan ISO 9001: 2008 secara lebih matang dan konsisten.
IWA 4: 2009 hadir berkat pertemuan kurang lebih 87 utusan dari 17 negara yang berlangsung di meksiko pada bukan oktober 2008. Pertemuan ini merupakan pertemuan yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan sebagai bentuk tanggapan terhadap perubahan ISO 9001: 2008.

Panduan IWA 4: 2009 pada dasarnya memiliki struktur yang sama dengan ISO 9001 : 2008 dimana terdiri atas 5 pasal pokok yaitu meliputi : 

Pasal 4 Manajemen Mutu pada lembaga pemerintahan
Pasal 5 Tanggung Jawab manajemen pada lembaga pemerintahan
Pasal 6 Pengelolaan Sumber daya pada lembaga pemerintahan
Pasal 7 Realisasi Jasa pada lembaga pemerintahan
Pasal 8 Pengukuran, analisis dan peningkatan pada lembaga pemerintahan

Kunjungi kami di www.visuda.com untuk mendapatkan informasi training terkait Management System

Salam

Sistem Manajemen Mulia (SMM) 


@Ardian_Wahyudi1 
PIN 5BEB06E1

0 Comments:

Post a Comment

<< Home